adfly

Senin, 22 Juli 2013

Fuad Idris: Gelombang Perubahan Terjadi di Perfilman Indonesia

Kapanlagi.com - Peraih piala Citra sebagai Aktor Pembantu Pria Terbaik 2012, Fuad Idris mengatakan, gelombang perubahan terjadi di perfilman Indonesia. Film memiliki peran penting dalam menumbuhkembangkan semangat kebangsaan.

"Ya contohnya film TANAH SURGA KATANYA ini. Riak–riak perubahan ini kelak akan menjadi gelombang yang besar, baik secara horizontal maupun vertikal. Saya cuma berharap kepada orang–orang yang memang ada di dalam gelombang perubahan ini untuk berkomitmen dalam menjalankan misinya, yaitu untuk mempererat kesatuan dan mengembalikan rasa cinta budaya di Indonesia. Dan ini juga salah satu tugas dunia perfilman Indonesia," ujarnya melalui rilis kepada KapanLagi.com®, Senin (22/7).


Pengajar di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) mengatakan, di tengah–tengah surutnya paham kesatuan dan rasa cinta pada negeri

sendiri di dalam masyarakat yang sudah semakin modern ini, mulai ada gelombang–gelombang perubahan yang memiliki misi mengembalikan rasa cinta kepada negara dan bangsa Indonesia sendiri.


Fuad Idris sendiri 'mengawal' filmnya saat diputar di acara 'Persemaian Nilai Budaya – Nonton Bareng Film Inspiratif 2013' Senin, 24 Juni dan bertempat di SMKN 2 Langsa, Nanggroe Aceh Darusaallam. Acara ini dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kebudayaan Drs. Shabri Aliaman dan turut dihadiri oleh anggota komisi X DPR H. Raihan Iskandar.


"Saya memberikan apresiasi kepada Kemendikbud atas terselenggaranya kegiatan Nonton Bareng Film Inspiratif ini. Sebagai seorang sineas, saya melihat ini adalah sebuah langkah keseriusan dari Kemendikbud untuk mendukung industri perfilman Indonesia ke arah yang lebih baik dengan dipilihnya film–film yang berkualitas untuk diputar sampai ke pelosok Indonesia. Dan sebagai seorang pekerja seni serta warga Indonesia, saya hadir dan merasakan bahwa lewat kegiatan semacam ini dapat memperkuat nilai–nilai nasionalisme dan mengembalikan rasa cinta terhadap budaya sendiri. Ini baik dan perlu dilanjutkan," lanjutnya.


Acara ini dibagi dalam tiga sesi yakni sesi untuk tenaga pendidik, siswa dan masyarakat umum ini dihadiri oleh 700 guru, 700 siswa sekolah dasar dan menengah pertama serta 600 masyarakat umum. Adapun film yang diputar di Kota Langsa adalah TANAH SURGA KATANYA untuk sesi guru, CITA-CITAKU SETINGGI TANAH untuk sesi siswa, dan NEGERI 5 MENARA yang diperuntukkan bagi masyarakat umum.


Selain menonton film, acara juga dilengkapi dengan pengantar motivasi oleh praktisi pendidikan serta diskusi interaktif dengan narasumber yang berasal dari industri perfilman antara lain Fuad Idris (Aktor Senior), Nissa Fijriani (Co Producer CITA-CITAKU SETINGGI TANAH) dan Iqbal Zuhda Irsyad (Artis Cilik, pemain CITA-CITAKU SETINGGI TANAH).


#Baca juga artikel-artikel menarik berikut ini:


Pasangan Homo dan Lesbian Ini Akhirnya Bisa Menikah

Kamu Melodiest? Jangan Ngaku Fans Kalau Belum Tahu Fakta-Fakta Ini

Ariel NOAH, Al Lucky Laki, dan Judika Pakai Kostum Bola! Siapa Paling Keren?

Lubang Ini Nyata Ada di Muka Bumi! Apakah Itu Gerbang ke Alam Lain?

Poster Yang Digambar Tangan Ini Bikin Wajah Aktor Jauh Dari Aslinya, Siap Ngakak!

Ratu Inggris Menghitung Semua Angsa Miliknya di Sungai, Mau Bantu?

(kpl/prl/uji/dew)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/film/indonesia/fuad-idris-gelombang-perubahan-terjadi-di-perfilman-indonesia-a5f3d9.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar