adfly

Rabu, 18 September 2013

Benarkah Kesadaran Hukum Selebriti Meningkat?

Kapanlagi.com - Belakangan ini kalangan selebritas dengan mudah melaporkan kejadian yang dianggap merugikan ke pihak berwajib. Padahal kadang yang dilaporkan sesama pekerja hiburan. Tindakan tersebut bagi sebagian masyarakat menandakan sadar hukum di para selebritas kian tinggi terutama dalam menyelesaikan persoalan. Benarkah demikian?

Di mata Agustinus Pohan upaya yang dilakukan selebritas itu baik namun ini bukan pertanda kesadaran hukum semakin meningkat. Sebab ada hal lain yang dapat diambil guna menyelesaikan masalah.


"Masyarakat hendaknya dikembalikan diberdayakan untuk menyelesaikan sendiri. Jangan sedikit-sedikit meminta keterlibatan guna selesaikan persoalan. Jangan dibiasakan. Karena akan jadi beban negara. Apalagi persoalan sepele," tegasnya.


Kepada KapanLagi.com®, dia juga meminta supaya pihak berwajib ikut mendorong masyarakat mencari jalan keluar sendiri dengan cara baik. "Aparat hukum dorong agar masyarakat menyelesaikan sendiri. Kalau ada persoalan nggak langsung ambil alih tapi coba bijaksana selesaikan. Karena bagi saya terlalu mahal polisi, hakim, jaksa untuk menyelesaikan masalah biasa," katanya.


Agustinus pun tak dapat membayangkan apa yang bakal terjadi jika dengan mudah menerima aduan masalah yang sebenarnya sepele. "Bayangkan kalau masyarakat seperti selebritas yang gampang minta bantuan ke polisi. Semisal masalah kecil gara-gara bersinggungan. Padahal kalau di pasar, hal itu sudah biasa," ujarnya lagi.


Karena itu sebagai masyarakat berbudaya hendaknya dapat diselesaikan dengan arif dan beradab. Sebab, kata pakar hukum pidana ini, mudahnya selebritas mengadukan persoalan ke pihak berwajib seolah menandakan kesadaran hukum semakin meningkat. Padahal justru menjauhkan dari kerukunan.


"Kalau diangkat ke hukum, akankah terjadi kerukunan kedua belah pihak? Itu justru akan melestarikan konflik. Bahkan konflik tersebut dapat berkembang," imbuhnya, Rabu (4/9). (kpl/dis/rea)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/benarkah-kesadaran-hukum-selebriti-meningkat-ea6f3c.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar