adfly

Jumat, 13 September 2013

Soal Royalti, Daniel Sahuleka Rugi Puluhan Tahun

Kapanlagi.com - Urusan royalti terhadap karya cipta kembali kisruh. Kali ini penyanyi berambut keriting, Daniel Sahuleka yang menuntut rugi atas dugaan tindak pelanggaran hak cipta oleh tiga label besar yaitu Sony Music Indonesia, Warner Music, dan Universal.

Menurut Johnny Maukar sebagai manajer Daniel , bahwa Sony Music Indonesia telah mengedarkan lagu Don't Sleep Away Tonight yang dinyanyikan ulang oleh Glenn Fredly tanpa izin dari Daniel .


"Sudah dilakukan mediasi dan disepakati perdamaian atas itu. Semua album yang ada lagu itu ditarik," kata Johnny di hotel Ibis, Jakarta Pusat (13/9).


"Tapi ternyata Sony Music masih mengedarkan kembali lewat iTunes. Maka saya berupaya tidak terjadi sengketa yang berlarut-larut. Tapi ternyata mediasi kali ini tidak menuai hasil, jadi kita harus menempuh jalur hukum," lanjutnya.



Ditambahkan oleh Elis, istri Daniel bahkan suaminya belum pernah mendapatkan royalti sepanjang hidupnya. "Tidak pernah mendapat royalti sepanjang hidupnya. Kerugian materi pasti. Sejak 2002 lagu Don't Sleep Away Tonight dan You Make My World So Colorful di tahun 2004," imbuhnya.


Selain Sony, dalam album Show Contemporary Hits, juga ada Evergreen Love Song yang dikeluarkan Universal dan album solo The Universal Masters Collection milik Universal.


"Di samping itu, ada di iTunes juga Sony Music Indonesia, ada album kompilasi, Evergreen yang memuat lagu Daniel, royaltinya tidak pernah dibayarkan ke Daniel. Padahal sejak tahun 2002, hak publisher itu sudah sepenuhnya berada di Daniel ," tandas Johnny.


JANGAN LEWATKAN:

8 Rahasia di Balik Album Nirvana, 'IN UTERO'

7 Kecelakaan Yang Pernah Menimpa Musisi Indonesia

10 Lagu Terbaik Project Pop Versi KapanLagi.com®

7 Pasangan Musisi Yang Dilupakan Publik

6 Popstar Yang Sempat Menjadi Gelandangan

8 Musisi Ini Ternyata Seorang Gay!

(kpl/ato/adb)







Sumber: KapanLagi.com http://musik.kapanlagi.com/berita/soal-royalti-daniel-sahuleka-rugi-puluhan-tahun-cfcd6c.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar