adfly

Senin, 18 November 2013

Lukman Sardi Hindari Kata 'Tidak Boleh' ke Anak

Kapanlagi.com - Saat menjadi guru di playgrup, Lukman Sardi mengaku tidak hanya mengajar anak-anak Indonesia, namun beberapa muridnya anak-anak bule yang orang tuanya bekerja di Jakarta. Dari sana pula, lelaki kelahiran 14 Juli 1971 itu tahu bagaimana orang barat mendidik anak-anak mereka.

"Di playgrup kan ada anak-anak expat, anak bule, karena tempatnya daerah Kemang. Ada anak Indonesia juga," ujarnya usai pemutaran film dokumenter 'Surga Kecil di Bondowoso' di Lobby Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan, Senin (18/11).


Sekitar tahun 2000-an, Lukman Sardi mengaku pernah menjadi seorang guru playgrup. Saat itu memang dirinya belum menemukan jalan ke dunia akting, selain memang menyukai dunia anak-anak.



"Secara beda antara bule dan indo, di situ pada akhirnya gua bisa membedakan bagaimana cara bule dan Indonesia mentreat anak," kata Lukman melanjutkan


Lalu, apa yang saja yang didapat Lukman tentang perbedaan mendidik anak-anak yang bukan berasal dari Indonesia? "Misal nih, anaknya mau naik tangga, mereka nggak bilang jangan, didiemin aja, tetapi diikuti. Ini justru yang menurut gue bikin anak lebih mandiri. Si anak nantinya malah jadi nggak takut risiko," katanya.



Belajar dari situ, Lukman mengaku sedapat mungkin menghindari kata tidak boleh jika sang anak ingin mencoba sesuatu yang baru dalam hidupnya. "Justru itu yang bikin gue mengikuti untuk nggak bilang nggak boleh. Itu yang gue terapkan di rumah. Setiap kali gue melarang, gue jelaskan dengan alasan detail yang dimengerti sama anak," jelasnya


"Kalau anak gue, mau jungkir balik kotor-kotor, nggak apa-apa. Ditungguin dan gue ajarain cuci tangan, cuci kaki setelahnya dan itu yang terbawa ke anak-anak gue," tambah Lukman .


Baca Juga:


Asmirandah dan Jonas Rivanno Bantah Hamil Sebelum Nikah

Saat Ajak Tunangan Anggita Sari, Enji Janjikan Mobil Mewah

Ayu Ting Ting: Enji Bilang 'Kita Bukan Lagi Pasangan Suami Istri'

Malu Minta Bantuan Maia, Ahmad Dhani Minta 'Tepo Sliro'

Dikabarkan Lamar Alyssa Soebandono, Dude Harlino Tak Mau Blak-Blakkan

Nuri Maulida Mendadak Batal Nikah 22 November 2013

(kpl/aal/dis/dar)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/lukman-sardi-hindari-kata-tidak-boleh-ke-anak-ad8517.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar