adfly

Sabtu, 28 Desember 2013

Gelar Acara Turun Tanah, Ayu Dewi Ingin Lestarikan Budaya

Kapanlagi.com - Sebagai wujud syukurnya, Ayu Dewi dan Regi Datau menggelar acara turun tanah atau tedak siten untuk anak mereka, Aqilah Dewi Humariah di Hotel Grand Hyatt, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (29/12).

Acara ini, dianggap Dewi sebagai salah satu caran untuk melestarikan budaya Indonesia. "Cita-cita aku dari dulu kalau punya acara adat dilestarikan. Selama ini kan adatnya Gorontalo (suami), sekarang Jawa. Kami mau menjunjung tinggi kebudayaan, harus bangga jadi orang Indonesia," ungkap Ayu usai acara.


Adapun Ayu menceritakan prosesi adat yang dilakukan dalam acara turun tanah itu. "Awalnya dicuci kakinya, seperti awal yang baik. Terus injak tujug warna gitu yang penuh makna. Kuning penuh kehormatan, merah berani, gitu semua ada maknanya. Mewakili karakter yang ada di anak kami," terangnya.


Aqilah juga sempat ditaruh di dalam kurungan ayam. Dalam kurungan itu diletakkan sebuah piano mainan, laptop mainan, sempoa, dan uang. Dari beberapa benda yang diletakkan, Aqilah pun memilih untuk mengambil sempoa.


Ayu Dewi/@Foto: KapanLagi.com®Ayu Dewi/@Foto: KapanLagi.com®


Sama seperti dirinya dan suami yang mencoba melestarikan budaya Indonesia, Ayu berharap dengan adanya acara ini, sang anak bisa menghargai budaya Indonesia di tengah derasnya budaya asing yang masuk.


"Buat ke depannya semoga semakin menghargai kebudayaan. Supaya bisa menghargai perbedaan juga. Kami gak mau dia gak sopan sama orang tua. Ajaran barat bagus, tapi yang diserap hanya yang penting aja. Dia harus tetap cium tangan sama orang tua," harapnya.



(kpl/pur/faj)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/gelar-acara-turun-tanah-ayu-dewi-ingin-lestarikan-budaya-5c3290.html

1 komentar:

  1. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL 7X PUTARAN BERTURUT TURUT BILA BERMINAT HUB KI JAYA DI NMR (_085-342-064-735) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT ATAU [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]






















































    BalasHapus