adfly

Jumat, 02 Agustus 2013

Jonathan Allen Yabut Jadi The Apprentice Asia Pertama

Kapanlagi.com - Singapura, 1 Agustus 2013 – Tony Fernandes menunjuk Jonathan Allen Yabut sebagai apprentice-nya. Dengan mantap Tony mengucapkan “You’re Hired” dan sambil menunjukkan tangan ke arah Jonathan. Momen ini merupakan puncak dari final reality show kompetisi produksi orisinil AXN: The Apprentice Asia serta menjadikan Jonathan sebagai Apprentice pertama di Asia dan ke-59 di dunia.

Jonathan adalah pria asal Filipina berusia 27 tahun, lulusan Fakultas Ekonomi University of Philippines dan kini menjabat sebagai Senior Product Manager di perusahaan farmasi multinasional. Jalan yang dilaluinya untuk mencapai pekerjaan impian: menjadi anak didik (apprentice) Tony Fernandes, sangat tidak biasa. Ia mengikuti proses rekrutmen via online dan berkompetisi dengan >3.000 pelamar, menjalani berbagai tes bagi 100 kandidat teratas, lalu mengerucut menjadi 30 besar dan akhirnya masuk sebagai 12 kandidat The Apprentice Asia yang menjalani berbagai uji kemampuan di bawah arahan Tony Fernandes.


Akhirnya, setelah melalui 11 episode yang menegangkan, 10 sidang direksi dan berbagai uji kemampuan di bidang sales, negosiasi, kreatifitas, manajemen, pemasaran, kepemimpinan dan determinasi, Jonathan berhasil menunjukkan keunggulannya dan menyingkirkan 11 kandidat dari berbagai negara di Asia.


Dalam episode final yang ditayangkan AXN Rabu malam (31/7) jam 20:00 WIB, Jonathan berhadapan dengan pengacara asal Singapura dan peserta termuda di acara ini: Andrea Loh – untuk menyelesaikan tantangan terakhir: menyelenggarakan gala dinner penggalangan dana untuk AirAsia Foundation. Tantangan ini berhasil diselesaikan dan keduanya berhasil mengumpulkan RM 1,3 juta bagi AirAsia Foundation.


Setelah menyelesaikan tantangan, Jonathan dan Andrea harus menghadapi sidang direksi untuk mempertanggungjawabkan hasil gala dinner dan meyakinkan Tony mengapa mereka pantas menjadi Apprentice Asia yang pertama. “Hati saya berdebar seperti tim Formula One saya,” Tony mengaku di episode final Rabu malam, sebelum menentukan pilihannya. Sebelum mengambil keputusan, Tony meminta pendapat enam kandidat (Sam, Alexis, Nash, Ningku, Celina dan Dian Krishna) yang membantu Jon dan Andrea di tantangan final serta meminta masukan dari dua penasihatnya Mark Lankester (CEO Tune Hotels) dan Kathleen Tan (CEO Expedia). “Saat saya masuk ke dalam ruangan ini, saya sudah menetapkan keputusan saya. Tapi, setelah mendengar pendapat kalian, saya mengubah pikiran saya, keputusan ini mungkin mengejutkan banyak orang. Jonathan, kamu adalah versi junior saya,” kata Tony sebelum mengucapkan “You’re Hired” pada Jonathan.


Dengan kemenangan ini, Jonathan tercatat sebagai pemenang ke 59 dari 25 versi reality show The Apprentice di dunia, ia mendapatkan kesempatan emas menjadi apprentice Tony dengan gaji enam digit USD.


“Jonathan akan resmi bergabung dengan AirAsia mulai 15 Agustus ini, saya pun sangat bersemangat memiliki apprentice seperti Jon. Saya punya banyak rencana besar untuk Jon. Dia akan belajar banyak,” kata Tony Fernandes dalam akun twitternya @tonyfernandes. Tony dikenal luas berkat keberhasilannya mentransformasi Air Asia dan mencapai break even dalam kurun setahun sejak pengambilalihannya, hingga ia dinobatkan sebagai ‘Asia Businessman of the Year’ dari majalah Forbes Asia tahun 2010.


Sementara itu, Kathleen mengucapkan selamat melalui akun twitternya @empressrox: “Selamat Jon, saya sangat bangga padamu. Kamu akan segera bergabung di Tune Group dan menjadi kolega saya. Tetap rendah hati dan terus menginspirasi para generasi muda di Asia.”


Latar belakang Jonathan yang berasal dari keluarga miskin dan menapaki karir dengan kerja keras ini memang membentuk karakter rendah hati di dirinya. “Merupakan kesempatan yang sangat berharga bisa belajar banyak dari Tony Fernandes, dan para penasihat beliau: Mark Lankester dan Kathleen Tan. Namun saya pun banyak belajar dari para kontestan lain. Mereka adalah orang-orang terpilih dari ribuan orang di Asia. Memenangkan titel The Apprentice Asia merupakan awal yang sempurna untuk pengembangan karir saya dan saya sangat tidak sabar untuk bisa bergabung dengan tim Tony Fernandes. Saya juga sangat berterima kasih dengan AXN untuk kesempatan berada dalam The Apprentice Asia – benar-benar pengalaman paling seru dalam hidup saya,” kata Jonathan.


“Saya harap The Apprentice Asia akan menginspirasi banyak talenta muda di Asia untuk menjadi Apprentice di bidangnya masing-masing, berani bermimpi besar dan mewujudkan mimpi-mimpinya. Inspiration sparks hope, hope sparks action, action sparks change,” tambahnya.


The Apprentice Asia adalah reality show produksi AXN bekerjasama FremantleMedia Asia dan sang kreator Mark ‘King of Reality TV’ Burnett (The Voice, Survivor), yang diadaptasi dari The Apprentice versi Amerika, yang telah diadaptasi di 23 negara dan 1 regional. 12 kandidat The Apprentice Asia berasal dari Singapura, Malaysia, China, India, Indonesia, Thailand, dan Filipina. Mereka berasal dari berbagai latar belakang mulai dari hiburan, F&B, hospitality, IT, hukum dan keuangan. Mereka rela keluar dari pekerjaan tetapnya, menunda pernikahan, dan mengesampingkan bisnisnya demi memperebutkan titel The Apprentice Asia. Dalam kompetisi ini, Indonesia diawakili oleh Hendy ‘Baba Rafi’ Setiono dan Dian Krishna (Puteri Indonesia 2003).


“Setelah sukses dengan empat musim The Amazing Race Asia, juga Cyril: Simply Magic dan Cash Cab Asia, The Apprentice Asia merupakan tonggak pencapaian bagi AXN dari segi kreatifitas dan inovasi. Kesuksesan serial-serial ini memperkokoh kepemimpinan AXN dalam memproduksi konten orisinil yang disukai para penonton,” kata Hui Keng Ang, Senior Vice President, Business Operations, Networks, Asia, Sony Pictures Television.


“Atas nama AXN Asia, kami mengucapkan selamat kepada Jonathan atas keberhasilannya menjadi Apprentice yang pertama di Asia serta berterima kasih kepada Tony, Mark dan Kathleen atas komitmen kuat dan dedikasi mereka kepada serial ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para sponsor: The Apprentice Asia yang percaya dengan visi kreatif dan passion AXN untuk menghibur dan menyentuh hati para penonton kami,” tambahnya.


The Apprentice Asia didukung oleh Expedia, Hilton Hotels & Resorts, AirAsia, IG Markets, smartphone resmi Blackberry dan mobil resmi Volkswagen.


Saksikan kembali perjuangan dan kisah inspiratif Jonathan dan para kandidat The Apprentice Asia di tayangan ulangnya: tiap Senin hingga Kamis jam 21:55 WIB mulai 19 Agustus 2013 hanya di AXN. AXN dapat disaksikan melalui Aora (ch. 415), First Media (ch. 51 – digital; ch. 332 – HD), Groovia (ch. 553), Indovision (ch. 154), NexMedia (ch. 306), Skynindo (ch. 22), Telkomvision (ch. 122), Topas TV (ch. 261), dan YES TV (ch. 122) (kpl/dka)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/televisi/jonathan-allen-yabut-jadi-the-apprentice-asia-pertama-6254c7.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar