adfly

Sabtu, 16 November 2013

JAFF 2013 Mengambil Tema Altering Asia

Kapanlagi.com - Untuk ke-8 kalinya ajang Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2013 akan digelar. Mengambil tempat di Empire XXI, seputaran Taman Budaya Yogyakarta pada 29 November-7 Desember 2013, acara tahun ini mengusung tema besar Altering Asia.

Setiap tahunnya, JAFF selalu mengambil tema sosial. Untuk tahun ini JAFF mengajak sineas Asia untuk membaca kembali keaslian Asia di tengah berbagai perubahan dan pandangan tentang Asia itu sendiri.


"Kami ambil tema Altering Asia karena banyak film dari Asia yang sudah dapat tempat di industri film dunia," ujar Ifa Isfansyah selaku Managing Director JAFF 2013 saat jumpa pers di SAE Institute, FX, Jakarta Selatan, Jumat (15/11).


Sebanyak 80 film yang ikut dalam ajang JAFF 2013; terdiri dari 43 film pendek dan 37 film panjang. Sebagai pembuka film asal Malaysia garapan U Wei yang berjudul HANYUT akan diputar dan akan ditutup dengan film COLD EYES dari Korea Selatan karya sutradara Cho Ui Seok.


"Tahun ini Korea kita pilih karena sudah menjadi salah satu kiblat sinema. Secara historikal, start mereka nggak jauh dari Indonesia, tapi sekarang mereka sudah melejit dan menemukan karakternya," ucap Ifa.


JAFF tahun ini sedikit berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, dengan adanya sesi Spesial Program bertema Film For Social Movement. Program tersebut merupakan bentuk kerjasama antara JAFF dengan Yayasan Danny J.A yang membuat gerakan Indonesia Tanpa Diskriminasi.


Yayasan Danny J.A berkolaborasi dengan Hanung Bramantyo untuk memproduksi 5 film bertemakan diskriminasi dari berbagai latar belakang yaitu SAPU TANGAN FANG YIN, ROMI DAN JULI DARI CIKEUSIK, CINTA YANG DIRAHASIAKAN, BUNGA KERING PERPISAHAN dan MINAH TETAP DIPANCUNG. Kelima film tersebut nantinya akan menjadi menu di ajang JAFF 2013.



(kpl/dka)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/film/indonesia/jaff-2013-mengambil-tema-altering-asia-31aca4.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar