adfly

Sabtu, 23 November 2013

Festival Sinema Prancis 2013 Digelar di 9 Kota Indonesia

Kapanlagi.com - Digagas pada tahun 1996, Festival Sinema Prancis (FSP) merupakan festival film asing pertama di Indonesia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, festival ini mengajak masyarakat Indonesia agar mengetahui kualitas serta keberagaman perfilman Prancis.

FSP akan dilangsungkan pada 5-8 Desember di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bali, Balikpapan, Bandung, Makassar, Malang, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta.


FSP tahun ini juga masih bekerjasama dengan Cinema XXI/21, dan pada edisi ke-18 ini, FSP akan menampilkan 3 program utama yaitu Panorama perfilman Prancis terbaru, Retrospektif sutradara Prancis dan Kompetisi Film Pendek Indonesia.


Pada Panorama, FSP akan memutar seleksi film-film terbaik Prancis yang diproduksi dua tahun belakangan. Sedangkan Retospektif akan mempersembahkan film-film karya sutradara Abdellatif Kechice.


"Dan menarik adalah untuk kompetisi film pendek Indonesia. Kompetisi ini tentu jadi batu loncatan bagi sineas muda Indonesia. 2 pemenang, sutradara dan penulis skenario terbaik akan mendapatkan pelatihan di Prancis," kata Flora Stienne selaku Penanggung Jawab Campus France Indonesia di kantor Sinematek Indonesia, PPHUI, Kuningan, Jakarta Selatan (22/11).


8 film pendek terseleksi dari 74 film yang mendaftar akan diputar di bioskop XXI/21 dan sutradara terbaik akan dikirim ke ajang festival film pendek internasional paling bergengsi di Clermont-Ferrand, Prancis. Dan penulis skenario terbaik akan mendapatkan pelatihan intensif selama sebulan di sekolah tinggi Louis Lumiere di Paris. Dan tentunya, seluruh biaya akan ditanggung oleh pemerintah Prancis.


"Ini adalah murni kerjasama budaya di antara kedua negara. Kami ingin masyarakat Indonesia juga mengenal kebudayaan kami melalui film," tandas Flora.



(kpl/ato/aia)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/film/indonesia/festival-sinema-prancis-2013-digelar-di-9-kota-indonesia-d58755.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar