adfly

Jumat, 01 November 2013

Ini Dia Kandidat Peraih Apresiasi Film Bioskop di AFI 2013

Kapanlagi.com - Dewan Juri Apresiasi Film Indonesia telah merilis judul-judul yang nantinya akan meraih penghargaan sebagai Film Bioskop terbaik. Empat judul film yang masuk dalam kriteria penilaian antara lain ATAMBUA 39 CELCIUS (Riri Riza ), DEMI UCOK (Sammaria Simanjuntak ), 9 SUMMERS 10 AUTUMNS (Ifa Isfansyah), dan CINTA TAPI BEDA (Faozan Rizal dan Hanung Bramantyo).

Screenshot daftar calon penerima apresiasi film bioskop di AFI 2013. (dok. AFI2013.org)Screenshot daftar calon penerima apresiasi film bioskop di AFI 2013. (dok. AFI2013.org)


Film-film yang masuk dalam kategori ini telah melalui proses panjang dan dilakukan secara tertutup oleh panitia AFI 2013. Hal tersebut diungkapkan oleh humas Apresiasi Film Indonesia 2013, Putro Gunawan, saat dihubungi KapanLagi.com® lewat telepon Sabtu (02/11) pagi.


"Film-film apa saja yang masuk telah menjadi hak prerogatif dari Dewan Juri AFI 2013. Sebelumnya sebanyak kurang lebih 86 film Indonesia yang tayang sejak Oktober 2012 disortir oleh Tim Ahli dan kemudian hasilnya diajukan kepada Dewan Juri untuk kemudian dipilih mana yang terbaik," paparnya.


Pemilihan film dalam Apresiasi Film Indonesia berbeda dibanding ajang penghargaan film lainnya. Alih-alih menekankan pada sisi teknis ataupun popularitas, AFI menekankan pada muatan pendidikannya.


"Mengapa film seperti HABIBIE & AINUN serta 5 CM tidak masuk? Kami berada di bawah Kemendikbud sehingga film-film yang lolos seleksi tentunya film yang mengandung karyanya mengandung unsur nilai budaya, kearifan lokal, dan pembangunan karakter bangsa. Intinya adalah film yang inspiratif. Itu tema yang kami dapat dari Kemendikbud," pungkasnya.


Malam Puncak AFI 2013 akan dilaksanakan pada 4 November di Plaza Senayan Gelora Bung Karno (GBK). (kpl/eds/dka)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/film/indonesia/ini-dia-kandidat-peraih-apresiasi-film-bioskop-di-afi-2013-4a3fb7.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar