adfly

Selasa, 16 Juli 2013

Seru! Pengalaman Ramadan Sandhy Sondoro di Luar Negeri

Kapanlagi.com - Tak banyak warga Indonesia yang bisa merasakan pengalaman melakukan ibadah bulan suci Ramadan di luar negeri. Dan Sandhy Sondoro adalah satu dari orang yang memiliki pengalaman tersebut.

Seperti diketahui, Sandhy pernah berdomisili di Jerman, sebelum akhirnya berkiprah di industri musik Indonesia.


"Berpuasa di sana kalau summer yang jelas waktu siangnya lebih lama. Kalau winter terbenam lebih cepat. Paling enak pas winter," kata Sandhy di Rabbani, Rawamangun, Jakarta Timur (15/7).


"Dari (tahun -red) 93 kan sendiri hingga sekarang. Walaupun dari 2009 lebih sering di sini. Tiap tahun saya pulang dua kali ke Jerman," lanjutnya.


Saat sedang malas menyiapkan makanan sendiri, Sandhy sering menyambangi Masjid Turki. Karena di sana banyak saudara seiman yang berbuka dan melakukan ibadah bersama.


"Kadang kalau ga ada waktu atau males masak sendiri, saya sering ke Masjid Turki. Areanya memang banyak imigran Turki. Saya sering buka di sana. Karena berkumpul istilahnya berbagai bangsa tapi satu keyakinan," lanjutnya.


Ditambahkan oleh Sandhy , bahwa saat menjadi minoritas di satu negeri, jalinan silaturahmi menjadi kuat.


"Kalau kita hidup sebagai minoritas, kita lebih erat. Di sana sama aja sebenernya. Buka di perantauan, tapi ada saudara seiman. Seru juga," imbuh Sandhy .


"Dulu juga pernah waktu kuliah (tahun -red) 95, sering sama orang Turki, Sudan, kalau puasa sering diajak ke keluarganya, orang Turki semua saya Indonesia sendiri. Sama orang Senegal. Saya selalu merasa kita manusia semua, mau hitam, coklat, putih, we all same," tandasnya.


Baca juga yang berikut ini:


Seleb Ganteng Pakai Kostum Sepak Bola, Makin Keren Nggak Ya?

Hal Penting Soal Ramadan, Ada Yang Belum Anda Tahu?

Fashion Klasik Amerika Memang Nggak Ada Matinya! Kamu Punya?

Suka JKT48? Ini Dia Fakta-Fakta Menarik Soal Melody!

Pasangan Homo dan Lesbi Ini Akhirnya Bisa Menikah...
(kpl/ato/dew)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/seru-pengalaman-ramadan-sandhy-sondoro-di-luar-negeri-a0859a.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar