adfly

Rabu, 27 November 2013

Miing Ingin Bangkitkan Kembali Budaya Betawi

Kapanlagi.com - Melihat kebudayaan dan kesenian Betawi mulai terkikis oleh perkembangan zaman, Dedi Suwandi Gumelar atau Miing merasa miris. Lewat Yayasan Komedi Betawi (Kombet), lelaki kelahiran 27 April 1958 itu berharap ada perubahan khususnya Lenong yang sudah jarang dipentaskan.

"Di mana Betawi adalah akar budaya penduduk asli Jakarta. Sekarang kan lebih banyak hiruk-pikuk dan hingar-bingar budaya luar. Mungkin K-pop lebih populer. Kalau seni dan budaya Betawi tidak dirawat akan hilang," kata Miing di sela acara Penganugerahan dan Pargelaran Komedi Betawi, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Selasa (26/11).




Untuk membangkitkan lagi pertunjukan Lenong, Miing menyarankan dua langkah. Pertama, pemerintah, dalam hal ini Pemerintah DKI Jakarta harus benar-benar mendukung setiap kegiatan kesenian dan kebudayaan Betawi. Kedua, harus ada kesadaran sendiri dari masyarakat Jakarta betapa pentingnya sebuah kebudayaan.


"Karena kalau sebuah bangsa meninggalkan seni dan budayanya akan hancur peradabannya. Komedi Betawi membutuhkan apresiasi dari pemerintah dan media. Lenong Betawi harus bangkit," kata Miing menambahkan.



(kpl/aal/uji/dar)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/miing-ingin-bangkitkan-kembali-budaya-betawi-4b53e5.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar