adfly

Senin, 20 Mei 2013

SBY Menangis Saat Nonton 'Sang Kiai'

Kapanlagi.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menahan haru selama menyaksikan adegan demi adegan film 'Sang Kiai'. Perjalanan hidup KH Hasyim Asy'ari, yang digambarkan dalam film itu, mampu menggambarkan betapa besarnya perjuangan para tokoh pendiri NU ikut membangun negeri ini.

"Kita tahan perasaan tadi, rasa haru, air mata kita mengalir tadi. Marilah kembali dari tempat ini memberi rasa hormat kepada ulama, pemimpin politik, prajurit dan rakyat semuanya yang mengorbankan yang dimiliki waktu itu untuk merah putih," kata SBY saat memberi kesannya pada film 'Sang Kiai' di Epiwalk XXI, Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (20/5).


Dari tayangan film itu, menurut SBY, menggambarkan tidak ada perbedaan antara Islam dengan Indonesia. Melalui Nahdlatul Ulama yang berdiri di depan, mampu menyatukan pandangan dan tidak memisahkan keduanya dari arti kemerdekaan.


"NU berdiri di depan untuk tidak mendikotomikan antara paham Islam dan kebangsaan. Ini kekuatan kita untuk berdirinya negara kesatuan republik Indonesia," lanjutnya.


Dari tayangan film itu, SBY meyakini tidak mudah untuk mencapai kemerdekaan Indonesia saat ini. Namun dengan perjuangan dan kerja keras seluruh rakyat tanpa memandang perbedaan, kemerdekaan pun berhasil tercapai.


"Dengan perjuangan waktu itu, Indonesia merdeka. Di antara kita bisa berbeda di posisi politik, beda apa pun, tapi untuk kedaulatan negara, keutuhan wilayah kita harus betul-betul bersatu," ujarnya diiringi tepuk tangan. (kpl/mdk/dar)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/film/indonesia/sby-menangis-saat-nonton-sang-kiai-16a8c4.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar