adfly

Selasa, 24 September 2013

Orang Jerman Merasa Aneh Miss World Diprotes

Kapanlagi.com - Orang Jerman merasa aneh kalau pemilihan Miss World di Indonesia diprotes oleh kelompok muslim tertentu dan main organ di malam hari juga dilarang di Aceh.

"Bagi orang Jerman itu tidak masuk akal," kata seorang pakar tentang Indonesia atau Indonesianis dari Jerman, Dr Bernhard May di sela diskusi Islam dan Media di Indonesia di Frakfurt, Senin (23/9) malam.


Dalam diskusi yang diselenggarakan oleh KJRI Frankfurt dan Frankfruters Press Club itu tampil sebagai pembicara Dirut Perum LKBN Antara Saiful Hadi, pengajar Universitas Paramadina Suratno dan Saiful Akmal, kandidat doktor dari Universitas Goethe.



Sebelumnya, pagelaran Miss World batal dilaksanakan di Sentul karena protes dari sekelompok Muslim, sehingga tetap dilangsungkan di Pulau Bali. Di Jakarta, sebagai tandingan digelar World Muslimah tanpa ada gangguan.


Menurut Bernard, meskipun tidak mewakili mayoritas muslim Indonesia yang moderat, kelompol radikal menarik perhatian masyarakat Jerman karena pemikiran dan tindakannya.


Sebagai contoh, katanya, adanya peraturan daerah di Aceh yang melarang memainkan keyboard atau alat musik lainnya pada malam hari selepas pukul 18.00.


"Berita razia oleh polisi syariah terhadap orang memainkan musik di malam hari tidak bisa dipahami oleh kami orang Jerman," kata Bernard yang pernah bertugas di Kalimantan Timur.



Bernard juga merasa heran kenapa aparat keamanan dan pemerintah tidak bisa bertindak terhadap aktivitas kelompok radikal tersebut. "Mestinya pemerintah tidak membiarkan hal-hal seperti itu," tegasnya.


Ia mengatakan berita-berita semacam itu tentunya berpengaruh bagi orang Jerman dalam memandang Indonesia, termasuk berpengaruh terhadap kunjungan warga Jerman ke Indonesia.


"Untung banyak orang Jerman tidak tahu kalau Bali itu bagian dari Indonesia," katanya seraya mengatakan turis Jerman masih melihat Bali sebagai tujuan wisata di Asia.



(kpl/antara/dar)







Sumber: KapanLagi.com http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/orang-jerman-merasa-aneh-miss-world-diprotes-38ae5a.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar