adfly

Rabu, 15 April 2015

Miris, Isi Suara Hampir 30 Tahun Maria Oentoe Tak Dapat Royalti

Kapanlagi.com - Suara merdu dan jernih yang selalu mempersilahkan kita untuk segera masuk ke dalam teater setelah membeli tiket bioskop adalah milik wanita paruh baya ini. Selama hampir 30 tahun, suara Maria Oentoe telah dipakai di Cinema 21 sejak pertama kali jaringan bioskop ini dirintis pada 1986.

Dilansir muvila.com, seiring dengan perkembangan zaman dan bertambahnya jumlah teater bioskop, wanita 66 tahun ini sempat melakukan pemutakhiran suara lima tahun yang lalu. Lucunya, pihak Cinema 21 sempat menggunakan suara orang lain, namun akhirnya tak cocok.


"Dulu tinggal di Tebet, lalu pindah ke Depok, mereka cari saya nggak ketemu-ketemu. Dia ganti orang, tapi tentu suaranya beda. Mereka cari lagi, akhirnya ketemu, mereka senang banget. Saya juga berterima kasih bisa dipanggil lagi," kenang Maria menceritakan bagaimana proses ia bisa bertemu kembali dengan pihak Cinema 21.


Suara diputar selama hampir 30 tahun, Maria Oentoe tak pernah dapat royalti/©muvila.com/Windy SuciptoSuara diputar selama hampir 30 tahun, Maria Oentoe tak pernah dapat royalti/©muvila.com/Windy Sucipto


Alhasil, Maria merekam ulang suara untuk deretan kalimat pengumuman untuk di bioskop Cinema 21 nyaris sama persis dengan yang dilakukannya tiga puluh tahun sebelumnya—termasuk penggunaan kata "karcis". Perbedaan hanya di jumlah teater yang harus ia sebutkan. Maria menyebutkan bahwa rekaman saat itu sudah sampai teater 20, ditambah IMAX.


Meski demikian, di luar honor, penggunaan suara Maria di bioskop-bioskop tidak menggunakan sistem royalti. Diakuinya, ia sempat mengajukan soal permasalahan royalti saat melakukan rekaman ulang suaranya, apalagi suaranya sudah dan akan dipakai selama bertahun-tahun.


Namun, akhirnya kesepakatan itu tidak terjadi, dan Maria akhirnya juga tidak terlalu mempermasalahkannya. "Saya kalau begitu ya sudahlah," ucapnya sambil tersenyum. Betapa miris nasib salah satu voice actress legendaris ini.


Pesona Al Ghazali - Verrell Bramasta di 'LDR' Ini Luluhkan Hatimu

Kenalan Yuk, Maria Oentoe Sang Pengisi Suara di Bioskop Favoritmu

Terus Dirundung Kesialan, Gimana Nasib Kisah Cinta Joe Taslim?

Demi Akting, Aktris Super Cantik Ini Rela Babak Belur

Gara-Gara 'AVENGERS' Datang, Jadwal Tayang 'MISS CALL' Mundur

(muv/tch)







Sumber: KapanLagi.com http://ift.tt/1GK6RVx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar